Skip to content

Defenisi Dan Fungsi Sisten Informasi Manajemen

September 27, 2010

1. Pendahuluan

Pada pembahasan kali ini saya akan menjelaskan tentang Defenisi sistem informasi manajemen  dan Fungsi sistem informasi manajemen,dengan adanya pembahasan ini penulis berharap para pembaca setidaknya mengetahui Defenisi dan Fungsi dari Sistem Informasi Manajemen

2. Tinjauan Pustaka

Sebagai bahan penulisan dari pembahasan ini akan di cantumkan hasil tulisan yang pernah penulis baca yaitu :

Buku yang ditulis oleh Adbul Kadir tahun 2003 dengan judul Pengenalan Sistem Informasi

Makalah yang di susun oleh Ahmad Mursyidun Nidhom, Devid Haryalesmana, Wahid Karunia Ira tahun 2009 dengan judul Makalah Sistem Informasi Manajemen,pada tulisan itu di jelaskan pengertian system informasi manajemen

Makalah yang di susun oleh Santi Widiyanti, SKom., MMSI dengan judul Sistem Informasi,pada tulisan itu di jelaskan tentang konsep dasar sistem serta elemen-elemen yang ada di dalam sistem.

Makalah yang di susun oleh Raden Sanjoyo dengan judul Sistem Informasi Manajemen Dan Fungsi SIM,pada tulisan itu di jelaskan tentang defenisi sistem informasi yang umum dikenal di masyarakat yaitu sebuah sistem manusia/mesin yang terpadu (intregeted) untuk menyajikan informasi guna mendukung fungsi operasi, manajemen, dan pengambilan keputusan dalam sebuah organisasi

3. Defenisi Sistem Informasi Manajemen

Sistem Informasi Manajemen terdiri dari 3 kata yaitu “Sistem” , ”Informasi” & “Manajemen” yang memiliki arti sebagai berikut :

Sistem menurut Jerry FithGerald sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau menyelesaikan suatu sasaran tertentu.

Informasi menurut Davis informasi adalah data yang telah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi penerimanya dan bermanfaat dalam pengambilan keputusan saat ini atau saat mendatang

Manajemen menurut G.R. Terry manajemen adalah suatu proses atau kerangka kerja, yang melibatkan bimbingan atau pengarahan suatu kelompok orang-orang kearah tujuan-tujuan organisasional atau maksud-maksud yang nyata.

Beberapa ahli telah memberikan rumusan tentang sistem informasi manajemen, antara lain :

  • SIM adalah pengembagan dan penggunaan sistem-sistem informasi yang efektif dalam organisasi-organisasi (Kroenke, David, 1989)
  • SIM didefinisikan sebagai suatu sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai yang mempunyai kebutuhan yang serupa. Informasi menjelaskan perusahaan atau salah satu sistem utamanya mengenai apa yang telah terjadi di masa lalu, apa yang sedang terjadi sekarang dan apa yang mungkin terjadi di masa depan. Informasi tersebut tersedia dalam bentuk laporan periodik, laporan khusus dan output dari simulasi matematika. Informasi digunakan oleh pengelola maupun staf lainnya pada saat mereka membuat keputusan untuk memecahkan masalah (Mc. Leod, 1995)
  • SIM merupakan metode formal yang menyediakan informasi yag akurat dan tepat waktu kepada manajemen untuk mempermudah proses pengambilan keputusan dan membuat organisasi dapat melakukan fungsi perencanaan , operasi secara efektif dan pengendalian (Stoner, 1996)

Dari defenisi diatas dapat di tarik kesimpulan bahwa sistem informasi manajemen, adalah sebuah sistem manusia/mesin yang terpadu (intregeted) untuk menyajikan informasi guna mendukung fungsi operasi, manajemen, dan pengambilan keputusan dalam sebuah organisasi. Sistem ini menggunakan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) komputer, prosedur pedoman, model manajemen dan keputusan, dan sebuah data base”.

4. Fungsi sistem informasi manajemen

Pada dasarnya fungsi utama SIM itu ada 4 :

  • Pencarian & Pengumpulan data
  • Pengelolaan Informasi
  • Penginformasian data kepada user (dapat berupa report text, dalam bentuk tabel, atau dalam bentuk grafik)
  • Penyimpanan data

Pencarian Data

Perlu kita ketahui bahwa Informasi ada karena adanya data yang di olah sedemikian sehingga menjadi sebuah kesimpulan yang dapat di jadikan sebuah informasi kepada orang yang membutuhkannya,jadi pencarian data merupakan tahapan yang paling dasar yang harus di lakukan apabila kita menginginkan sebuah informasi dan data itu dapat berupa fakta-fakta,angka-angka,statistik-statistik.

Pengelolaan Data Menjadi Informasi

Setelah tahap Pencarian & Pengumpulan Data selesai maka tahap selanjutnya adalah mengelola data tersebut sehingga dapat di jadikan sebuah Informasi contohnya sebuah perusahaan yang bergerak di bidang penjualan membutuhkan data-data penjualan dari setiap daerah dan setelah data-data penjualan dari setiap daerah terkumpul maka di gabungkanlah data-data penjualan tersebut sehingga jadilah sebuah informasi tentang penjualan yang berhasil di lakukan dan dengan informasi tersebut pihak perusahaan bisa menjadikannya sebagai bahan perbandingan seperti apakah penjualan sudah sesuai target atau belum, bagaimana jika dibandingkan dengan penjualan sebelumnya naikah atau turunkah dari perbandingan-perbandingan tersebut perusahaan bisa mngambila sebuah keputusan.

Penginformasian Data Kepada User

Setelah tahap Pengelolaan Data Menjadi Informasi tahap selanjutnya adalah penginformasian data kepada pihak-pihak yang membutuhkannya

Penyimpanan Data

Setelah tahap Penginformasian Data Kepada User maka informasi itu harus di simpan untuk keperluan di masa datang apabila informasi tersebut di perlukan kembali

Dalam sebuah organisasi Sistem Informasi Manajemen karena organisasi membutuhkan informasi yang bermanfaat sebagai bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan,baik yang menyangkut keputusan-keputusan rutin maupun keputusan-keputusan yang strategis

Supaya informasi yang dihasilkan oleh sistem informasi dapat berguna bagi manajamen, maka analis sistem harus mengetahui kebutuhan-kebutuhan informasi yang dibutuhkannya, yaitu dengan mengetahui kegiatan-kegiatan untuk masing-masing tingkat (level) manajemen dan tipe keputusan yang diambilnya.

Sistem Informasi Manajemen kini tidak lagi berkembang dalam bidang usaha saja, tapi sudah digunakan dalam berbagai bidang, dari mulai pendidikan, kedokteran, industri, dan masih banyak lagi. Ini menandakan bahwa Informasi yang akurat dan cepat dibutuhkan di berbagai bidang. Maka dengan adanya SIM yang terorganisir dengan baik maka kebutuhan organisasi untuk mendapatkan informasi yang akurat dan cepat dapat terpenuhi.

4. Kesimpulan

sistem informasi manajemen sistem yang dirancang untuk menyediakan informasi guna mendukung pengambilan keputusan pada kegiatan manajemen dalam suatu organisasi.

Dengan adanya Sistem Informasi Manajemen kemudahan untuk mendapatkan Informasi secara akurat dan cepat dapat terpenuhi.

6. Referensi

Kadir,Abdul.2003.Pengenalan Sistem Informasi.Yogyakarta.Penerbit:ANDI

http://mas-devid.blogspot.com/2009/02/pengertian-sistem-informasi-manajemen.html

http://yoyoke.web.ugm.ac.id/download/sim.pdf

http://santiw.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/7691/Pengantar_Sistem_Informasi.doc

http://www.scribd.com/doc/4994224/pengertian-manajemen

http://webdosen.budiluhur.ac.id/dosen/020004/diktat/sim.pdf

http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2009/11/fungsi-sistem-informasi-manajemen/

http://miftah.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/13146/struktur+sim.pdf

http://www.ittelkom.ac.id/library/index.php?view=article&catid=25%3Aindustri&id=251%3Asistem-informasi-manajemen&option=com_content&Itemid=15

http://www.simkes.co.cc/2010/02/definisi-sim.html

From → SIM

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: