Skip to content

Gambaran Umum Dan Struktur SIM

September 27, 2010

1. Pendahuluan

Pada pembahasan sebelumnya saya sudah menjelaskan tentang Defenisi dan Fungsi dari Sistem Informasi Manajemen,mungkin dari penjelasan Defenisi dan Fungsi Sistem Informasi Manajemen pembaca bisa sedikit membayangkan sedikit gambaran dari SIM dan pada pembahasan kali ini saya akan membahas tentang Gambaran Umum Dan Komponen Dari SIM di harapkan para pembaca dapat mengetahui gambaran umum dari sistem informasi manajemen dan komponen yang di miliki oleh sistem informasi manajemen.

2. Tinjauan Pustaka

Sebagai bahan penulisan dari pembahasan ini akan di cantumkan hasil tulisan yang pernah penulis baca yaitu :

Buku yang ditulis oleh Adbul Kadir tahun 2003 dengan judul Pengenalan Sistem Informasi

Tulisan yang di susun oleh Lily Wulandari dengan judul Tulisan Gambaran Umum SIM,pada tulisan itu di jelaskan tentang defenisi sim,unsu-unsur sistem,karakteristik sistem.

Tulisan yang di susun oleh Miftahul Jannah dengan judul Tulisan Struktur Sistem Informasi Manajemen,pada tulisan itu di jelaskan tentang fungsi-fungsi dan unsur-unsur yang membentuk SIM

Tulisan yang di susun oleh M.Achsan Isa Al-Anshori dengan judul Tulisan Gambaran Umum Sistem Informasi Dan Teknologi Inforamsi ,pada tulisan itu di jelaskan defenisi sistem informasi,defenisi sistem teknologi informasi,peranan penting sistem inforamsi dalam organisasi

2. Gambaran Umum Sistem Informasi Manajemen

Sistem informasi management atau management information system adalah sistem yang di gunakan untuk menyajikan informasi yang di gunakan untuk mendukung operasi,manajemen dan pengambilan keputusan dalam sebuah organisasi.biasanya SIM menghasilkan informasi untuk memantau kinerja,memelihara koordinasi,dan menyediakan informasi untuk operasi organisasi. Umumnya sistem informasi manajemen diambil data dari sistem pemrosesan transaksi.

Sistem informasi manajemen seringkali disebut juga sebagai “sistem peringatan manajemen (management alreting system) karena sistem ini memberikan peringatan kepada pemakai (umumnya manajemen) terhadap masalah maupun peluang (Haag,2000)”.istilah yang lain dari sistem informasi manajemen adalah “sistem pelaporan manajemen atau management reporting system (Zwass,1998).”

Sistem informasi manajemen memiliki karakteristik yaitu (Turban,1995) :

  • Beroprasi pada tugas-tugas yang terstruktur, yakni pada lingkungan yang telah mendefenisikan hal-hal berikut secara tegas dan jelas : prosedur operasi,aturan pengambilan keputusan, dan arus informasi
  • Meningkatkan efesiensi dengan mengurangi biaya
  • Menyediakan laporan dan kemudahan akses yang berguna untuk pengambilan keputusan tetapi tidak secara langsung (manajer menggunakan laporan dn informasi dn membuat kesimpulan-kesimpulan tersendiri untuk melakukan pengambilan keputusan )

4 peranan penting sistem informasi dalam organisasi (Alter,1992) :

  • Berpartisipasi dalam pelaksanaan tugas-tugas (otomasi)
  • Mengaitkan perencanaan, pengerjaan, danpengendalian dalam sebuah subsistem
  • Mengkoordinasikan subsistem-subsistem
  • Mengintegrasikan subsistem-subsistem

SIM secara khusus memiliki beberapa kemampuan teknis sesuai yang direncanakan baginya. Secara kolektif kemampuan ini menyangkal pernyataan bahwa komputer hanyalah mesin penjumlah atau kalkulator yang berkapasitas tinggi, sebenarnya komputer tidak dapat mengerjakan sesuatu ia hanya mengerjakan lebih cepat. Sistem informasi komputer dapat memiliki sejumlah kemampuan jauh diatas sistem non komputer. Dan kemampuan ini telah merevolusikan proses manajemen yang menggunakan informasi yang dihasilkan oleh sistem yang telah ada. Beberapa kemampuan teknis terpenting dalam sistem komputer :

  1. Pemrosesan data batch
  2. Pemrosesan data tunggal
  3. Pemrosesan on-line, real time
  4. Komunikasi data dan switching pesan
  5. Pemasukan data jarak jauh dan up date file
  6. Pencarian records dan analisis
  7. Pencarian file
  8. Algoritme dan model keputusan
  9. Otomatisasi kantor.

Alasan Perlunya Sistem Informasi Manajemen Di Perhatikan :

1. Kompleksitas kegiatan bisnis meningkat

–          pengaruh ekonomi internasional

–          persaingan dunia

–          kompleksitas teknologi yang semakin meningkat

–          batas waktu yang singkat

–          kendala-kendala sosial

2. kemampuan komputer yang semakin baik

Pemakai semakin tahu bagaimana ’mendayagunakan’ komputer untuk membantu pekerjaannya.

–          Keahlian manajemen

Seorang manajer yang berhasil harus memiliki banyak keahlian, tetapi ada dua yang mendasar: keahlian komunikasi dan keahlian pemecahan masalah.

–          Manajer dan Sistem

3. Struktur Sistem Informasi Manajemen

Struktur sistem informasi pada dasarnya dibedakan menjadi dua yaitu sistem yang terstruktur (formal) dan sistem yang tidak terstruktur (non formal).

Sistem formal adalah sistem yang berjalan menurut norma-norma organisasi yang berlaku pada semua orang, sesuai dengan kedudukannya dalam organisasi. Sistem ini tergantung kepada tugas, wewenag, dan tanggung jawab yang dibebankan kepada pemegang jabatan organisasi. Sistem nonformal adalah sistem yang berlaku di lingkungan organisasi melalui saluran-saluran tidak resmi, tetapi mempunyai pengaruh cukup kuat dalam kehidupan organisasi yang bersangkutan (Gordon,1999).

Sistem informasi manajemen berusaha untuk menggabungkan keduanya dengan bertumpu pada norma organisasi dalam mendukung kegiatan organisasi. Dengan demikian diharapkan sistem formal dapat menjadi subsistem terutama keberhasilan organisasi bukan hanya perorangan tetapi hasil kerjasama seluruh organisasi.

Struktur sistem informasi manajemen (SIM) dapat pula dipandang menurut konsep struktural yang memungkinkan pembahasan dan perancangan sistem fisik yang akan mendefinisikan cara pelaksanaan SIM.

  • a. Struktur Konseptual

SIM didefinisikan sebagai suatu gabungan subsistem fungsional yang masing-masing dibagi dalam empat macam pengolahan informasi, yaitu: pengolahan transaksi, dukungan operasional sistem informasi, dukungan pengendalian manajerial sistem informasi, dukungan perencanaan stategi sistem informasi.

  • b. Struktur Fisik

Struktur konseptual suatu SIM adalah untuk subsistem fungsional yang terpisah ditambah suatu pangkalan data, beberapa aplikasi umum, dan satu model dasar analisa umum dan model keputusan. Pada struktur fisik semua aplikasi terdiri atas program yang sama sekali terpisah, tetapi hal ini tidak selalu demikian adanya sehingga ada penghematan yang cukup besar dari pengolah terpadu dan pemakain modul umum. Pengolahan terpadu dicapai dengan perencanaan berbagai aplikasi yang paling berhubungan sebagai suatu sistem tunggal untuk menyederhanakan kaitan (interface) dan mengurangi duplikasi masukan sehingga melewati batas fungsional. Struktur fisik juga dipengaruhi pemakain modul umum untuk pengoperasian pengolahan yang menyebabkan tidak ada aplikasi yang lengkap tanpa pemakain modul umum.

4. Kesimpulan

Sistem informasi manajemen sangat diperlukan untuk kegiatan operasi,manajemen dan pengambilan keputusan dan sistem informasi manajemen memang khusus di rancang untuk mempermudah pencari informasi untuk mendapatkan informasi yang di perlukan

5. Referensi

Kadir,Abdul.2003.Pengenalan Sistem Informasi.Yogyakarta.Penerbit:ANDI

http://nissaajah91.wordpress.com/2010/03/23/makalah-struktur-sistem-informasi-manajemen/

http://lily.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/8345/catatan.doc

http://miftah.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/13146/struktur+sim.pdf

http://achsan.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/4136/Gambaran+Umum.pdf

http://syopian.net/blog/?p=796

http://www.smecda.com/e-book/SIM/Simbab1.pdf

http://docs.docstoc.com/orig/2434181/85e337c6-b385-413f-996e-e89477972d02.pdf

http://ericute.files.wordpress.com/2009/04/pengsim-pert14.pdf

http://www.smecda.com/e-book/SIM/Simbab1.pdf

From → SIM

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: