Skip to content

Mengembalikan GRUB Ubuntu Yang Hilang Saat Install Ulang Windows

November 11, 2011

Kasus ini pernah saya alami ketika saya ingin melakukan install ulang pada laptop saya, lalu saya coba cari tutorial untuk mengembalikannya dan akhirnya saya dapat tutorial yang bagus sehingga GRUB Loader di laptop saya kemabil seperti semula.

Untuk mengembalikan GRUB Loader yang hilang langkah-langkah yang harus kita lakukan adalah sbb :

1. Siapkan CD Ubuntu ( ubuntu yang saya pakai dalam kasus ini adalah ubuntu 10.10)

2. Lakukan booting ke CD Ubuntu yang telah di masukan kedalam CD-ROM

3. Pilih ” Try-Ubuntu ”

4. Lalu masuk kedalam Terminal ubuntu dengan mengetikan :

$sudo fdisk -l

 

Maka akan tampil list dari partisi yang ada di komputer kita lalu perhatikan partisi tempat di installnya Ubuntu,pada kasus ini Linux (Ubuntu) terletak pada : /dev/sda6.

Mungkin pada kasus anda letak Ubuntu yang diinstall akan berbeda maka perhatikanlah kolom SYSTEM pada gambar diatas supaya anda mengetahui tempat Ubuntu anda di install

Langkah selanjutnya adalah :

$sudo mkdir /media/sda6

$sudo mount /dev/sda6 /media/sda6

$sudo grub-install –root-directory=/media/sda6 /dev/sda

*Sesuaikan sda dengan tempat ubuntu anda berada

4. Terlihat Instalation finished. No error reported.., lalu restartlah komputer anda dengan perintah : sudo reboot

 

From → Ubuntu

Leave a Comment

Leave a Reply

