Skip to content

3.4 Pengertian SOX Dan Dampak SOX Terhadap SPI

November 25, 2011

Pengertian SOX

Sarbanes Oxley Act Adalah sebuah landasan yang disahkan pada 23 Januari oleh kongres Amerika Serikat. Undang-undang tersebut dikenal sebagai Public Company Accounting and Investor Protection Act of 2002 atau undang-undang perlindungan investor dan pengaturan akuntansi perusahaan publik yang seringkali disebut SOX atau Arbox.

Sebagai usaha dalam mengembalikan kepercayaan pihak investor dalam pasar modal, SOX mengatur kebijakan dalam perusahaan publik yang meliputi[GON07] :

  • Pengembangan tatakelola perusahaan yang baik
  • Pembaruan akuntansi
  • Penyusunan tata cara penyingkapan informasi keuangan yang transparan
  • Pengungkapan hasil kerja yang di capai manajemen
  • Penegakan kode etik pejabat di bidang keuangan
  • Pembatasan kompensasi bagi pihak eksekutif
  • Pemberlakuan komite audit independen
  • Penegasan tanggung jawab para anggota dewan komisaris, direksi, dan komite audit

Dampak SOX Terhadap Sistem Pengendalian Intern

Sejak disahkannya SOX, terdapat perubahan dramatis dalam peranan pengendalian intern, audit internal, serta auditing eksternal pada perusahaan publik. Pasal 404 memberi dampak yang paling besar karena berhubungan langsung dengan efektivitas sistem pengendalian intern pelaporan keuangan itu sendiri

Pasal 404 Management assesment of internal controls – Pasal ini meliputi proses pengesahaan (attestation) serta penilaian (assesment) dari kendali pelaporan keuangan mencakup pengaturan dan penegakan struktur serta prosedur pelaksanaan kontrol yang tepat bagi setiap perusahaan [SOX02].

SOX 404 menyebabkan perusahaan memiliki kewajiban hukum melaporakan pengendalian intern terhadap proses pelaporan keuangan. SEC menetapkan 4 elemen utama yang harus tercakup dalam laporan keuangan perusahaan publik adalah :

  • Pernyataan pertanggungjawaban pihak manajemen perusahaan (CEO dan CFO) terhadap penyusunan dan pengelolaan struktur pengendalian intern yang tepat bagi sistem pelaporan keuangan perusahaan.
  • Pengidentifikasian framwork yang digunakan oleh pihak manajemen dalam melakukan evaluasi pengendalian intern terhadap pelaporan keuangan.
  • Penilaian terhadap efektivitas pengendalian intern pelaporan keuangan yang dilakukan oleh manajemen oleh manajemen melalui pihak auditor internal perusahaan.
  • Atestasi auditor eksternal terhadap poin di atas.

Karena dampak implementasi SOX 404 cukup besar dan signifikan, maka pihak manajemen perlu untuk mengetahui lebih dalam mengenai konsep pengendalian intern agar dapat menerapkan framwork yang tepat untuk pengendalian intern perusahaannya

Sumber : http://rachmatjusuf.megabyet.net/downlot.php?file=SOX.pdf

From → SIA

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: